KEGIATAN SMART LEARNING COMMUNITY SD SMART CIBINONG
Smart Learning Community (SLC) adalah sebuah wadah kolaboratif yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas profesionalisme guru melalui kegiatan pembelajaran bersama. Dalam kelompok ini, para guru dapat berbagi pengetahuan, pengalaman, dan metode pengajaran yang inofatif untuk saling mendukung dalam proses belajar mengajar.
SLC melibatkan para guru dari SD Smart Cibinong dan tenaga pendidik lainnya seperti kepala sekolah atau pengawas pendidikan yang memiliki komitmen untuk mengembangkan kemampuan profesi guru.
SLC diadakan di Sekolah Dasar Smart Cibinong dan dilaksanakan secara berkala yaitu setiap minggu dihari rabu. Waktu pertemuan yaitu disaat kegiatan pembelajaran selesai agar tidak mengganggu jam mengajar para guru.
Kegiatan ini sangat penting untu memperkuat jaringan professional antar guru. Melalui SLC guru dapat terus belajar dan berkembang, berbagi tantangan yang dihadapi di kelas, serta mendapatkan solusi bersama. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kreativitas dalam mengajar agar dpat menciptakan pegalaman belajar yang lebih efektif dan menyenangkan siswa.
SLC dapat dimulai dengan menentukan tema atau topic pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan para anggota. Setiap pertemuan diawali dengan pemaparan materi, dilanjutkan dengan diskusi kelompok, dan ditutup dengan sesi refleksi serta rencana tindak lanjut. Metode yang digunakan dapat beragam, mulai dari diskusi interaktif, studi kasus, hingga simulasi pengajaran. Keberhasilan SLC ini tergantung pada kerjasama aktif dari semua anggota dan komitmen untuk terus meningkatkan pembelajaran.
Dengan adanya SLC ini, diharapkan para guru dapat terus berkembang dalam menghadapi tantangan pendidikan yang terus berubah, sekaligus mempererat rasa kebersamaan dan profesionalisme di antara mereka.
Waktu pelaksanaan dan Materi Smart Learning Community (SLC)
- Rabu, 06 november 2024
Pemateri: Marsidik, M.Pd.
Materi : P5
P5 atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan karakter dan komptenesi siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. P5 merupakan bagian dari kurikulum Merdeka dan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek. P5 dapat memberikan manfaat bagi peserta didik,pendidik, dan satuan pendidikan. Bagi peserta didik, P5 dapat membantu mereka mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter. Bagi pendidik, P5 dapat membantu mereka mengembangkan kompetensinya untuk berkolaborasi dalam merancang pembelajaran.
![](http://sekolahsmartcibinong.sch.id/wp-content/uploads/2024/11/l1-1030x655.jpg)
2. Rabu, 13 november 2024
Pemateri : Herlinda S.Pd.
Materi : Pengembangan modul ajar
Modul ajar adalah dokumen yang berisi rencana pembelajaran untuk satu unit atau topic tertentu. Modul ajar merupakan perangkat ajar yang berfungsi sebagai panduan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran. Modul ajar disusun berdasarkan alur tujuan pembelajaran yang dikembangkan dari capaian pembelajaran. Modul ajar dapat membantu siswa dalam memahami materi tertentu dan melatih siswa untuk belajar secara mandiri. Mdul ajar dapat disajikan dalam berbagai bentuk, seperti buku, presentasi digital, atau bahan ajar lainnya.
![](http://sekolahsmartcibinong.sch.id/wp-content/uploads/2024/11/l2-1030x773.jpg)
3. Rabu, 20 November 2024
Pemateri : Yuni Aprilia, S.Pd.
Materi : Asesmen Pembelajaran
Asesmen pembelajaran adaah proses pengumpulan dan pengolahan data untuk mengetahui perkembangan, kebutuhan belajar, dan pencapaian hasil belajar peserta didik. Asesmen merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses pembelajaran, fasilitasi pembelajaran, dan penyediaan informasi. Asesmen pembelajaran berfungsi memberikan umpan balik kepada pendidik dan peserta didik untuk memperbaiki proses belajar., mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik, hambatan, dan kesulitan yang mereka hadapi, membantu guru untuk menentukan kemampuan dan kesulitan siswa, merancang program pembelajaran yang sesuai dengan realita siswa.
![](http://sekolahsmartcibinong.sch.id/wp-content/uploads/2024/11/l3-1030x668.jpg)
4. Rabu, 26 November 2024
Pemateri : Abi Bukhori S.Pd.
Materi : Analisis Rapor Pendidikan
Analisis rapor pendidikan adalah kegiatan untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang terjadi di sekolah berdasarkan data-data dari rapor pendidikan, kemudian mencari akar masalah atau penyebab masalah dan selanjutnya melakukan pembenahan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Rapor pedidikan diperoleh dari perbandingn nilai indicator antar tahun.
![](http://sekolahsmartcibinong.sch.id/wp-content/uploads/2024/11/l4-1030x579.jpg)
Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!